Translate

Minggu, 13 April 2014

Teori Conditio Sine Qua Non (syarat mutlak)


Dari sudut ilmu alam, sebab adalah semua hal (syarat) yang memiliki pengaruh untuk terjadinya suatu akibat. Sebagai contoh ; Jika suatu gelas pecah di ubin setelah jatuh dari atas meja menyusul terjadinya gempa bumi, maka hal-hal (syarat) yang berakhir pada pecahnya gelas itu, yakni ;
  • Rangkaian hal (syarat) berkenaan dengan gelas: pemerintah yang mengizinkan diproduksinya gelas yang mudah pecah terkena benda keras itu, pabrik yang memproduksi gelas, toko penjual gelas, jatuhnya gelas. 
  •  Rangkaian hal (syarat) berkenaan dengan ubin: pemerintah yang mengizinkan diproduksinya ubin, pabrik yang memproduksinya, toko yang menjualnya, kerasnya ubin.
  •  Rangkaian hal (syarat) berkenaan dengan bergetarnya meja: pergeseran lempeng bumi atau letusan gunung api. Gempa bumi, bergetrnya meja
Rangkaian semua hal (syarat) tersebut merupakan sebab-sebab dari terjadinya akibat berupa pecahnya gelas. Semua hal (syarat) untuk pecahnya gelas itu tidak ada yang dapat dihilangkan tanpa akan berakhir dengan tidak akan pecahnya gelas.
Jika ubin tidak keras tentu gelas tidak akan pecah, karena semua hal itu hanya merupakan sebab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar